Tips dan Cara Diet Sehat Rasul

Tips dan Cara Diet Sehat Rasul

Tips dan Cara Diet Sehat Rasul

” Tips dan Cara Diet Sehat Rasul “

diet sehat rasul

Diet sehat rasul atau pola makan Rasulullah belakangan ini mulai banyak diminati oleh masyarakat yang menginginkan hidup sehat dengan berat badan ideal. Pola makan yang diterapkan oleh Rasulullah membuat beliau tidak pernah mengalami sakit perut selama hayatnya. Jika Anda mengikuti diet tersebut, Insya Allah Anda tidak akan mengalami keracunan makanan atau sakit perut.

Kombinasi Makanan yang Perlu Dihindari

Diet sehat Rasulullah ternyata cocok sekali dipadukan dengan irama biologis siklus pencernaan tubuh manusia disebut sebagai circadian rhytme atau irama biologis oleh para pakar kesehatan. Ini merupakan siklus alami tubuh yang merupakan dasar penerapan kombinasi makanan

–               Susu tidak boleh dikonsumsi bersama daging

–               Daging tidak boleh dikonsumsi bersama ikan

–               Ikan tidak boleh dikonsumsi bersama susu

–               Ayam tidak boleh dikonsumsi bersama susu

–               Ikan tidak boleh dikonsumsi bersama telur

–               Ikan tidak boleh dikonsumsi dengan salad

–               Susu tidak boleh dikonsumsi bersama cuka

–               Buah tidak boleh dikonsumsi bersama susu misalnya sup buah

Kitab sebenarnya juga melarang manusia mengkonsumsi makanan darat bersama dengan makanan laut. Dulu, Nabi telah mencegah kita menghindari konsumsi ikan bersama susu karena dapat mempercepat seseorang terkena penyakit.

Hal ini dibuktikan oleh ilmuwan yang menyatakan bahwa di dalam ikan terdapat kandungan ion negative dan daging ayam mengandung ion positif. Jika ion negative dan positif tersebut bertemu, maka akan terjadi reaksi biokimia yang dapat merusak usus.

Adullah Mahmud, seorang pakar nutrisi telah meneliti pola makan yang diterapkan oleh Rasulullah. Penelitian tersebut awalnya dilakukan karena rasa penasarannya mengapa Rasulullah tidak pernah sakit sepanjang hayatnya.

Jadi jauh sebelum munculnya berbagai diet sehat resep dokter, Rasul sebenarnya sudah melakukannya dulu. Hasil penelitian yang dilakukan Abdullah sangat mengagumkan. Mengkonsumsi 2 jenis makanan yang berlawanan diketahui dapat menyebabkan metabolisme tubuh mengalami proses negative.

Dampak tersebut terhadap kesehatan akan dirasakan setelah jangka waktu 10 – 15 tahun misalnya mengalami penyakit jantung coroner atau penyakit kronis lainnya. Atau Anda juga dapat melakukan diet sehat roti gandum.

Cara Makan Dalam Diet Rasul

Memilih jenis makanan yang bermanfaat bagi tubuh sering disebut sebagai diet rasul. Pola makan ini tidak hanya sekedar cocok diterapkan untuk diet sehat ramadhan tetapi juga pola makan sehari-hari.

Sarapan

Di pagi hari, menu sarapan yang dikonsumsi oleh Rasulullah SAW adalah air putih dengan madu. Menu ini juga cocok untuk diet sehat rendah kalori. Tidak dipungkiri bahwa madu memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Hal ini juga telah dijelaskan dalam penelian para ahli dan Al – Quran. Di dalam Al-Quran dijelaskan bahwa madu mampu mengobati berbagai macam penyakit. Ditilik dari ilmu kesehatan, madu bermanfaat untuk mengaktifkan usus, membersihkan lambung, menyembuhkan sembelit, peradangan, dan wasir. Namun, pastikan madu yang dikonsumsi adalah madu yang alami.

Buah Sebelum Nasi

Buah sebaiknya jangan dikonsumsi setelah makan nasi melainkan sebelum makan nasi.

Hal ini juga telah dianjurkan dalam diet sehat resep oleh dokter. Pasalnya, jika buah dimakan sesudah mengkonsumsi nasi, buah akan diproses bersama dengan nasi di dalam perut. Padahal nutrisi dari buah dapat diserap oleh tubuh secara langsung yang menyebabkan munculnya gas di dalam perut serta menyebabkan kembung.

Tidur Minimal 1 Jam Sesudah Makan

Tidur sebaiknya 1 jam setelah makan siang atau malam. Rasulullah menganjurkan agar setelah makan Anda sebaiknya melakukan aktivitas lebih dulu agar makanan segera dicerna oleh lambung. Aktivitas yang dapat dilakukan yaitu sholat dan berdzikir.

Jika Anda terbiasa tidur siang, tidurlah selama 1 jam atau hingga tiba waktu Ashar. Tidur dimulai sesudah makan siang dan diikuti dengan sholat Dzuhur atau bisa sholat dulu, kemudian makan dan diikuti sholat sunnar dan dzikier.

Jadi Anda mulai tidur siang sekitar pukul 14.00 kemudian bangun pada pukul 15.00 sebelum waktu Ashar. Pola ini juga cocok untuk Anda yang menerapkan diet sehat setelah melahirkan.

Sayuran Untuk Makan Malam

Seseorang yang tinggal untuk makan malam, ia akan dimakan oleh usia dan kolesterol. Dengan kata lain, makan malam sebenarnya tidak dianjurkan. Anda dapat melihat kebiasaan Rasulullah saat makan malam.

Menu utama makan malam beliau adalah sayuran. Ini adalah kunci sehat beliau. Beberapa riwayat mengatakan bahwa Rasulullah biasa mengkonsumsi sanut dan sana al makki. Menurut Prof. Dr. Musthofa, kedua sayuran ini di Mesir dikenal dengan ba’dunis dan Sabbath.

Istilah ini mungkin cukup asing untuk orang di luar Arab. Tetapi ia menjelaskan bahwa ini adalah jenis sayuran. Sayuran secara umum mengandung zat yang dapat memperkuat daya tahan tubuh dan mencegah tubuh terserang penyakit sehingga juga menjadi menu andalan untuk diet sehat saat menyusui.

Makan Sebelum Lapar dan Berhenti Sebelum Kenyang

Makan sebaiknya dilakukan sebelum Anda terlalu lapar dan berhenti sebelum kenyang. Jadi, jangan makan berlebih. Rasulullah biasanya makan hanya beberapa suap tetapi cukup sering. Beliau tidak mengikuti pola makan sarapan, makan siang, dan makan malam seperti orang – orang saat ini.

Pada kebanyakan pola makan sekarang seperti diet sehat sebulan dengan makan pagi, siang, dan malam, Anda dapat menerapkan rumus 1/3 yakni 1/3 untuk makan, 1/3 untuk minum, dan 1/3 untuk napas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *